Ahlan wa Sahlan Mahasantri Angkatan ke-3

Ahlan wa Sahlan Mahasantri Angkatan ke-3

tes wwncr santri mahasiswa-1deMuttaqin-Yogyakarta. Setiap tahun, Pesantren Tahfizh Alquran de Muttaqin membuka pendaftaran bagi para mahasiswa yang ingin menjadi penghafal Alquran. Peluang ini khusus diberikan kepada mahasiswa UGM semester 1 dan 3.

tes wwncr santri mahasiswa-2Tahun ini, Pesantren de Muttaqin kembali membuka pendaftaran calon mahasantri baru. Pada hari Sabtu dan Ahad, tanggal 3–4 Oktober 2015 lalu, dilakukan seleksi calon mahasantri angkatan ke-3 gelombang pertama.

Seleksi meliputi tes tulis, tes hafalan Alquran, dan wawancara. Seleksi digelar di dua tempat yang berbeda. Tes tulis dilaksanakan di Pesantren Mahasiswa di Pogung, Yogyakarta, pada hari Sabtu, 3 Oktober 2015. Sedangkan tes hafalan Alquran dan wawancara diselenggarakan di Rumah Besar de Muttaqin, Maguwo, Yogyakarta. Tes gelombang pertama ini diikuti oleh 22 orang santri dari berbagai jurusan. Dari 22 calon santri, yang dinyatakan lolos dan diterima sebagai mahasantri de Muttaqin sebanyak 6 orang.

tes wwncr santri mahasiswa-3Seleksi gelombang kedua diadakan pada hari Ahad, tanggal 1 November 2015, di Maguwo, Yogyakarta. Seleksi gelombang kedua ini diawali dengan tes hafalan Alquran. Kemudian, dilanjutkan tes tulis, dan diakhiri dengan wawancara. Seleksi gelombang kedua ini diikuti oleh 7 orang.

Selain mengikuti rangkaian tes, calon mahasantri juga diberi pembekalan tentang visi misi Pesantren de Muttaqin. Dijelaskan pula mengenai target dan segala konsekuensi proses yang akan dijalani calon mahasantri. Pemaparan visi misi dan target pesantren ini disampaikan tes wwncr santri mahasiswa-4langsung oleh Bapak Ir. Ike Muttaqin, Ketua Yayasan de Muttaqin. Selain itu, pada wawancara tahap kedua, calon santri juga ditanya untuk kesekian kalinya tentang kesungguhan bergabung dengan Pesantren Mahasiswa de Muttaqin. Sebab, menyandang status mahasiswa, sekaligus mengikuti program menghafal Alquran, bukanlah perkara ringan. Hanya mereka yang benar-benar memiliki niat kuat, ikhlas, dan bersungguh-sungguh yang akan mampu bertahan.

Alhamdulillah, dengan izin Alloh, proses seleksi calon mahasantri ini berjalan lancar. Proses ini dipermudah dengan adanya bantuan dan kerja sama dari KIPMI (Komunitas Ilmuwan dan Profesional Muslim Indonesia) yang membantu dalam proses wawancara.

‘Alaa kulli haal, kami ucapkan ahlan wa sahlan kepada mahasantri Pesantren Mahasiswa de Muttaqin angkatan ke-3. Semoga Alloh berikan kemudahan bagi kita semua untuk menjalani proses belajar dan menjadi para penghafal Alquran yang itqon. Bismillaah…. (teks & foto: Joko)

About Author

Leave a Reply

*