Bekerja Sama Mendidik Anak Bangsa

Bekerja Sama Mendidik Anak Bangsa

halal bi halal-2

Tausiah oleh Kiai Haji Doktor Tulus Musthofa, Lc., MA. (26/7/15/foto: Joko)

Yogyakarta-Pesantren de Muttaqin menganut sistem pendidikan holistik berbasis lingkungan. Artinya, setiap unsur yang dapat ditangkap panca indera manusia hakekatnya memiliki pengaruh dalam membentuk pribadi seseorang. Oleh karena itu, setiap unsur lingkungan yang dapat diindera tersebut harus dapat diberdayakan sebagai sumber belajar. Dengan demikian, menggagas pendidikan, tidak akan dapat lepas dari berbicara soal lingkungan.

Warga masyarakat dari berbagai kalangan hadir dan memberikan dukungan kepada Pesantren de Muttaqin. (foto:Joko)

Keberadaan pesantren sebagai institusi pendidikan diharapkan dapat membawa pengaruh positif kepada lingkungan sekitar tempatnya berada. Sebaliknya, lingkungan sekitar juga diharapkan dapat turut mendukung keberhasilan program pendidikan yang diusung pesantren.

Bapak Ir. Ike Muttaqin, penggagas Pesantren de Muttaqin memaparkan visi, misi, dan target-target Pesantren de Muttaqin kepada warga. (foto: Joko)

Pemaparan visi misi pesantren oleh Bapak Ir. Ike Muttaqin.

Itulah kenapa, kerja sama antara institusi pendidikan dan warga masyarakat sekitar  sangat penting disadari, disepakati, untuk kemudian diwujudkan.

Dalam rangka mewujudkan kondisi ideal ini, Pesantren de Muttaqin sejak awal sudah berusaha melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Beberapa upaya sosialisasi sudah dilakukan, di antaranya dengan memanfaatkan momentum Idul Fitri.

Bapak Ir. Ike Muttaqin memandu warga meninjau kompleks Pesantren de Muttaqin yang sedang dalam masa penyelesaian pembangunan. (foto: Joko)

Warga meninjau kompleks Pesantren.

Pada kesempatan Idul Fitri lalu, Pesantren de Muttaqin mengundang masyarakat sekitar untuk bersilaturahim di kompleks pesantren. Selain dimanfaatkan sebagai forum ta’aruf, silaturahim tersebut juga digunakan sebagai forum sosialisasi program-program pesantren kepada masyarakat. Dari sana, diharapkan masyarakat memahami visi, misi, dan target-target Pesantren de Muttaqin.

Selain ta'aruf, warga juga memberikan masukan-masukan positif terkait pendidikan. (foto: Joko)

Dialog dengan warga.

Pada kesempatan itu pula, warga sekitar diajak berkeliling meninjau bangunan pesantren yang sedang dalam tahap penyelesaian.  Selain itu, warga masyarakat juga diberi kesempatan untuk bertanya dan mencari tahu segala sesuatu tentang pesantren. Bahkan, ada pula yang memberikan masukan-masukan positif kepada Pesantren de Muttaqin.

Ke depan, Pesantren de Muttaqin akan terus membina komunikasi yang baik dengan warga masyarakat guna mewujudkan lingkungan ideal untuk belajar, demi tercapainya cita-cita mencetak generasi insan kamil yang dapat menjadi teladan di masyarakat. (Teks & foto: Joko)

About Author

Leave a Reply

*