Kami Mencari Musyrif

Kami Mencari Musyrif

IKLAN MUSYRIF FEB-2006-ED KECIL

Kami membutuhkan musyrif untuk membantu menjalankan proses pendidikan di Pesantren de Muttaqin. Bagi kami, musyrif adalah ujung tombak pendidikan. Oleh karena itu, kami memberikan perhatian khusus, dan tentu saja tugas-tugas khusus.

JOKO2408-01Pesantren kami mengusung filosofi pendidikan holistik. Masudnya, setiap aspek dalam pesantren harus dapat berperan sebagai sumber belajar, sesuai kapasitas mereka masing-masing. Dengan demikian, pendidikan tidak dimaknai hanya sebatas transfer of knowledge dalam ruang yang bernama kelas. Belajar di kelas justru hanya bagian kecil dari komposisi pendidikan yang kami selenggarakan.

Kami berusaha mengikuti jejak Rosululloh: bahwa Beliau Sholallohu ‘Alaihi wa Salam diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Tentu saja, kami tidak berani mengatakan bahwa kami hendak menyempurnakan akhlak santri. Akan tetapi, kami akan berusaha membaguskan akhlak santri sejauh kemampuan kami yang fakir dan dhoif ini.

santri-setoran-01Nah, untuk mewujudkan maksud tersebut, kami membutuhkan bantuan orang-orang yang tepat untuk menjadi musyrif. Kami berharap, para musyrif dapat mengambil peran sebagai orang tua sekaligus murobbi santri. Musyrif akan menjadi orang yang paling sering dan paling intens berinteraksi dan berkomunikasi dengan santri. Artinya, musyrif akan menjadi sumber belajar yang cukup dominan bagi santri kami. Oleh karena itulah, kami mengharapkan hadirnya sosok musyrif yang dapat menjadi qudwah dan memenuhi standar yang kami harapkan.

IMGP2811-01Di Pesantren de Mutaqqin, musyrif bertugas mengajarkan Alquran. Dia yang memperbaiki tajwid, membimbing hafalan, mengontrol, dan memberikan motivasi kepada santri. Musyrif yang mengajari santri ketrampilan-ketrampilan dasar, seperti mandi dengan bersih, istinja’, berwudhu, sholat, berdoa, makan secara tertib, hingga mengajari anak-anak mengatur pakaian mereka. Musyrif juga yang mengondisikan dan mengontrol santri untuk terbiasa berkomunikasi dengan bahasa yang santun sesuai dengan standar yang telah kami tetapkan. Singkat kata, kami mengharapkan musyrif dapat mewujudkan apa yang sudah tertuang dalam buku SOP pesantren kami: PEDOMAN PERILAKU SANTRI SEHARI-HARI, serta mengontrol konsistensi pengamalannya pada diri santri.

IMGP2819-01Kami maklum jika ketrampilan-ketrampilan itu belum tentu langsung ada pada diri musyrif yang mendaftar ke pesantren kami. Kami memang tidak mensyaratkan semua itu langsung ada pada diri musyrif. Namun, jika hal tersebut sudah dimiliki calon musyrif, tentu itu yang sangat kami harapkan. Bagi kami, yang terpenting, calon musyrif adalah orang-orang yang memiliki idealisme dalam dunia pendidikan, menyukai dunia anak-anak, dan memiliki semangat tinggi untuk belajar dan meningkatkan IMGP2813-01kompetensi dirinya; baik dari sisi diniyah maupun wawasan umum. Lebih diutamakan lagi yang memiliki visi dan misi serupa dengan kami dan siap bekerja sama.

IMGP2770-01Sesungguhnya, di pesantren kami, kewajiban belajar memang tidak hanya berada di pundak para santri. Akan tetapi, juga meliputi siapa saja yang menjadi bagian dari keluarga besar de Muttaqin. Sebab, sebagaimana filosofi JOKO2407-01pendidikan kami, setiap unsur dalam pesantren harus dapat memerankan dirinya sebagai sumber belajar. Artinya, siapa pun yang berada di lingkungan pesantren kami harus belajar. JOKO2129-01Apa yang ingin kami wujudkan hadir pada pribadi santri, itu pula yang kami harapkan ada terlebih dulu pada diri para pendidik dan siapa saja yang menjadi bagian dari bangunan pendidikan di Pesantren de Muttaqin.

IMGP2645-01De Muttaqin baru saja mengawali langkah. Banyak sekali yang harus dibenahi. Kehadiran musyrif yang bersemangat, kaya inisiatif, dan kreativitas tinggi tentu akan sangat menyenangkan bagi kami. Jika Saudara memiliki idealisme dan cita-cita menghadirkan generasi unggul dari ummat ini, mungkin Saudara adalah orang yang kami cari. Silakan mempersiapkan diri.

Jika Saudara sudah mantap, silakan kirim lamaran. Silakan download formulir pendaftaran di sini. Kemudian, lengkapilah data-data yang diminta. Masukkan dalam amplop coklat tertutup. Tuliskan di sampul depan pojok kiri atas: MUSYRIF PESANTREN. Kirimkan surat lamaran Saudara ke:

PESANTREN DE MUTTAQIN
Jl. Beringin No. 88, RT. 05/RW.02, Denokan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Telp. 0812 2345 6735 – 0817 3828 57  

Demikianlah. Semoga ada di antara Saudara sekalian yang kelak dapat bergabung bersama kami dan bekerja sama dalam mewujudkan cita-cita. (teks & foto: Joko)

About Author

Leave a Reply

*