Kesehatan

Kesehatan

santri-periksa dokter-2

Kami berupaya seoptimal mungkin untuk menjaga kesehatan santri. Mulai dari memperhatikan gizi makanan, kadar istirahat, olah raga, sampai kebersihan tubuh dan lingkungan. Akan tetapi, ketika Alloh taqdirkan santri sakit, maka siapa dapat menolaknya?

santri-berobat-1Untuk sakit ringan, alhamdulillah, kami memiliki perlengkapan pertolongan pertama yang cukup. Untuk sakit yang memerlukan penanganan khusus, kami harus serahkan pada ahlinya. Dalam hal ini adalah dokter.

Inilah di antara prinsip dan prosedur de Muttaqin dalam menangani santri yang sakit. Kami rasa, ini perlu diketahui oleh para calon wali santri. Mungkin, di antara saudara kita ada yang berpendapat, akan lebih baik jika santri yang sakit diterapi menggunakan herbal.

Ketika kami memilih dokter dan rumah sakit, itu tidak berarti kami lantas antipati terhadap herbal. Sebaliknya, ketika kami memanfaatkan herbal, tidak berarti kami antipati kepada medis modern. Kami memilih cara pengobatan dengan menimbang kadar mashalatnya.

santri-periksa dokter-3Untuk penanganan kasus sakit yang serius, kami akan selalu mengkoordinasikan dengan orang tua atau wali santri mengenai pengambilan langkah terbaiknya. Jika kami pandang langkah terbaik adalah dengan menyerahkan tindakan dan perawatan kepada orang tua atau wali, tentu kami akan limpahkan kepada orang tua atau wali.

Namun demikian, sedapat mungkin, kami berusaha memilih jalan pencegahan daripada mengobati. Alhamdulillah, sejauh ini, Alloh limpahi santri kami dengan kesehatan yang cukup baik. Semoga Alloh senantiasa karuniakan kesehatan dan perlindungan kepada santri kami untuk seterusnya. Aamiin. (teks & foto: Joko)

 

About Author

Leave a Reply

*