Pengumuman Penerimaan Santri Baru Gelombang 1

Pengumuman Penerimaan Santri Baru Gelombang 1

seleksi-2-ed kecil

Ujian Penerimaan Santri Gelombang 1 Tahun ajaran 2016/2017 sudah usai. Alhamdulillah, proses ujian berjalan lancar, setelah sebelumnya sempat tertunda.

seleksi-1-ed kecilUjian seleksi di pesantren kami berlangsung selama 2 hari 1 malam, tanggal 16—17 April 2016. Calon santri menginap di pesantren dan menjalani kegiatan layaknya santri kami. Tentu saja, jadwal mereka sudah didesain dengan muatan materi seleksi.

Dari sekian berkas yang masuk pada gelombang 1 ini, kami memilih hanya 17 calon santri yang kami pandang sesuai dengan kriteria yang kami harapkan. Dari 17 calon santri itu pun tidak semuanya kami terima. Tetapi, kami pilih yang sekiranya akan mampu beradaptasi dengan kultur dan kegiatan Pesantren de Muttaqin.

seleksi-4-ed kecilDalam proses seleksi masuk ke lembaga pendidikan atau instansi tertentu, pasti akan ada yang diterima dan tidak. Ini adalah hal yang wajar. Lantas, apakah yang tidak diterima berarti tidak mampu? Belum tentu!

Dalam seleksi, kami tidak hanya mengukur aspek kemampuan otak semata. Ada aspek-aspek lain yang kami ukur dan timbang melalui observasi selama ujian berlangsung pada dua hari tersebut. Atas dasar berbagai pertimbangan itulah, kami kemudian memutuskan siapa yang kami terima dan siapa yang tidak.

Seleksi adalah persoalan menyesuaikan diri dengan standar. Standar lembaga pendidikan A belum tentu sama dengan standar lembaga pendidikan B. Ini tergantung, antara lain, pada visi misi dan tujuan lembaga itu didirikan.

seleksi-5-ed kecilOleh karena itu, jika ada calon santri yang dinyatakan tidak lolos ujian seleksi di Pesantren de Muttaqin, semoga tidak berkecil hati. Itu bukan berarti dia tidak mampu. Akan tetapi, kami menimbang, dia akan lebih baik jika tidak bersama de Muttaqin. Siapa tahu, mereka yang tidak bergabung bersama kami akan dapat berkembang di tempat lain dengan lebih baik.

Demikian pula dengan orang tua atau wali santri. Jika putranya kebetulan tidak dapat bergabung dengan de Muttaqin, itu semata-mata demi kemashlahatan anak tersebut. Dalam hal ini, tidak ada salahnya kita belajar pada kisah Albert Einstein atau Thomas Alva Edison. Dua orang ini pernah dikeluarkan dari sekolah tempatnya belajar karena dipandang tidak cukup cerdas. Apakah benar mereka benar tidak cerdas? Kita sama-sama tahu bagaimana akhir kisahnya: keduanya dianggap sebagai orang-orang jenius abad mutakhir.

seleksi-3-ed kecilJika diibaratkan benih, maka anak memerlukan tempat penyemaian yang tepat agar ia dapat tumbuh secara optimal. Semoga putra putri kita menemukan tempat yang tepat bagi pendidikan dan perkembangan mereka.

 

Pengumuman Penerimaan Santri Gelombang 1
Berdasarkan hasil ujian seleksi dan berbagai pertimbangan lain, maka berikut ini kami umumkan nama-nama santri yang kami nyatakan diterima di Pesantren de Muttaqin untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar tahun ajaran 2016/2017.

1.Zaid bin Hasan, Muara Karang, Jakarta
2.Ja’far bin Abu Aliy, Malang, Jawa Timur
3.Muhammad Ghozali Akbar bin Sanali rohimahulloh, Tegal, Jawa Tengah
4.Auf bin Abu Muadz, Piyungan, Yogyakarta
5.Ghaza Fauzi Ridwan bin Deni, Cisaat, Sukabumi *
6.Habib Ilmi Nuris bin Iswanto, Tangerang Selatan *
7.Usamah Fauzan Teguh bin Arkiman B. Mahmur, Cikarang, Jakarta *
8.Abdullah Hanif bin Deky Yuscano, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur *

*) diterima dengan catatan

Empat orang santri kami pandang memiliki kriteria sesuai yang kami harapkan. Sedangkan empat orang lainnya kami terima dengan catatan. Catatan di sini terutama berkaitan dengan motivasi dan kemampuan menghafal. Kami sangat berharap kepada orang tua/wali santri yang bersangkutan untuk mempersiapkan putranya dengan mulai membiasakan mereka menghafal setiap hari dan terus memompa semangatnya.

Bagi santri yang tidak kami nyatakan lolos seleksi bukan berarti mereka tidak mampu. Sekali lagi, ini hanya masalah standar. Bisa jadi, santri yang tidak bersama kami justru akan dapat berkembang jauh lebih baik di tangan guru yang tepat.

Kami tidak memposisikan diri sebagai sekolah unggulan, dalam arti: menerima calon santri dari latar belakang seperti apa pun lalu memolesnya hingga bersinar terang. Kami merasa belum memiliki kemampuan seperti itu. Banyak sekolah yang jauh lebih berpengalaman dan lebih hebat dari kami yang mungkin dapat menjalankan peran sebagai sekolah unggulan.

Fokus sekolah kami adalah memfasilitasi anak-anak yang memang sudah terlihat memiliki potensi. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan proses ujian seleksi yang cukup ketat. Kuota kami sangat terbatas: hanya 12 santri per kelas. Itu pun tidak mesti harus terpenuhi. Kami harap keputusan kami ini dapat dimaklumi, khususnya, oleh para orang tua calon santri.

Bagi orang tua/wali santri yang putranya lolos seleksi gelombang 1, mohon mempersiapkan diri. Santri kami harapkan melakukan daftar ulang dan langsung mengikuti kegiatan pesantren pada tanggal 19 Juli 2016. Surat pindah sekolah tidak perlu diurus dulu; akan tetapi menunggu setelah pengumuman tanggal 15 Agustus 2016.

 

Pendaftaran Santri Gelombang 2
Pesantren de Muttaqin, Maguwo, Yogyakarta kembali membuka pendaftaran Penerimaan Santri Tahun Ajaran 2016/2017 Gelombang 2.

Bagi Bapak/Ibu yang berminta mengirim putranya belajar di pesantren kami, silakan unduh formulir pendaftaran di sini.

Silakan cetak formulir tersebut dan diisi secara lengkap dengan tulisan yang jelas (diutamakan menggunakan huruf kapital/huruf besar). Lengkapi formulir tersebut dengan 1) fotokopi akte kelahiran, 2) foto kopi kartu keluarga, 3) SKTM bagi dhuafa, 4) keterangan sehat dari dokter/puskesmas setempat, dan 5) fotokopi nilai rapor terakhir. Masukkan semua dokumen tersebut dalam amplop coklat, kemudian silakan kirim berkas pendaftarannya ke alamat pesantren:
Jl. Beringin No. 88, RT05/RW02, Denokan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Telp. 0812 2345 6735 – 0817 3828 57.

Pendaftaran Gelombang 2 ini kami tutup tanggal 25 Mei 2016.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti ujian seleksi ini?

Ujian seleksi de Muttaqin meliputi beberapa jenis. Salah satunya, dan yang cukup menentukan, untuk bisa lulus ujian seleksi ini adalah: kemampuan hafalan Alquran. Kami akan beri waktu putra Bapak/Ibu untuk menghafal surat dan ayat yang akan kami tentukan saat ujian. Dalam waktu tersebut, kami akan melihat berapa banyak putra Bapak/Ibu dapat menghafal. Semakin banyak yang dapat dihafal, tentu peluang untuk diterima semakin besar.

Karena de Muttaqin adalah sekolah berbeasiswa dan menggratiskan seluruh biaya pendidikan santri, maka kami memberlakukan standar yang cukup ketat. Oleh karena itu, bagi Bapak/Ibu yang benar-benar menginginkan putranya bergabung di pesantren kami, mohon putranya dipersiapkan sungguh-sungguh untuk mengikuti rangkaian ujian tersebut.

Jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan seleksi penerimaan santri baru, silakan hubungi nomor telepon yang tersebut di atas. Terima kasih.

(teks&foto: Joko)

About Author

Leave a Reply

*